Followers

Visitors

free counters

Analisa kebutuhan pengguna pada sistem

Senin, 23 Juli 2012



UKM YANG DI ANALISA
 1. NAMA PEMILIK UKM :   IBU GADIH
     JENIS UKM                     :   BAJU RAJUTAN
     KETERANGAN                         :
 -TIDAK MEMILIKI TOKO
 -BELUM MEMILIKI WEBSITE
-PROSES PENJUALAN/PROMOSI  HANYA MELALUI PAMERAN DAN MELALUI   INFORMASI DARI REKAN-REKANNYA.
 2.  NAMA PEMILIK UKM     :   IBU FIFI
      JENIS UKM        :   BERLIAN
      KETERANGAN                :  
                                -SUDAH MEMILIKI TOKO  DI BOTANI SQURE
                                -UNTUK BERLIAN TIDAK MEMILIKI WEBSITE ,MENURUTNYA APABILA TRAKSAKSI   BERLIAN INI DILAKUKAN MELALUI ONLINE , TAKUT  AKAN RESIKO YANG BESAR .
                                -PROSES PENJUALAN DILAKUKAN  DI TOKO ,(CUSTOMER DATANG KE TOKO),PAMERAN.
 3. NAMA PEMILIK UKM     :   IBU DESWATI
     JENIS UKM                   :   ASSESORIS DAN TAS
     KETERANGAN               :  
                                -SUDAH MEMILIKI BEBERAPA TOKO
                                -BELUM MEMILIKI WEBSITE
                                -PROSES PENJUALAN DILAKUKAN DI TOKO , BY PHONE,PAMERAN,MELALUI EMAIL.
                                -MEMILIKI PEGAWAI YANG MENGGURUSI EMAIL.
 4. NAMA PEMILIK UKM     :   PAK KIMBA
     JENIS UKM                                 :  CHATTERING
     KETERANGAN               :  
                                -BELUM MEMILIKI WEBSITE
                                -PROSES PENJUALAN DILAKUKAN MELALUI PAMERAN,BY PHONE,MELALUI EMAIL.
                                -MEMILIKI PEGAWAI YANG MENGURUS EMAIL


ANALISA KEBUTUHAN PENGGUNA
 1. administrator sentra:
-mengelola admin ukm , menangani ukm yang berminat menjadi admin untuk ukm nya sendiri.
- admin dapat melihat pelanggan yang sudah menjadi member
- admin dapat melihat pesan dari member (kritik atau saran)
- admin dapat mengedit,hapus,menambahkan produk
- admin dapat menambahkan kategori , sub kategori
- admin dapat mengedit/mengganti harga sewaktu2
- admin dapat mengupdate stok barang
- admin dapat melihat order dari customer
- admin dapat melihat report transaksi per hari ,minggu , bulan , tahun.

 2. Administrator toko ukm
menyerahkan penuh pengelolaan tokonya secara mandiri,
-admin dapat mengedit,hapus,menambahkan produk.
-admin dapat mengupdate stok
-admin dapat mengedit harga sewaktu-waktu
-admin dapat melihat order dari customer
-admin dapat memilih templet untuk toko nya

3. pengunjung :
- hanya dapat melihat-lihat produk yang ditawarkan oleh toko-toko ukm yang ada
- pengunjung hanya mendapatkan informasi tentang produk secara detail,contoh:
                              @produk baju : gambar produk,harga,kode barang,warna,ukuran,stok.
                              @produk tas : gambar produk,harga,kode barang,warna,
jenis bahan,stok
                              @produk berlian : gambar,harga, kode barang , jenis barang (cincin,gelang,kalung),ukuran(untuk cincin)
                              @produk cattering : berdasarkan paket(paket A : Rp.28000 , paket B : Rp.30.000 Paket C : Rp. 34.000) yang ditawarkan,contoh:
Paket A (Rp.28.000) : 1.nasi putih 2. nasi goreng 3. sup kimlo 4. daging paprika 5. kakap asam manis 6. ayam rica-rica 7. salad bangkok 8. kerupuk udang 9. aneka buah 10. aneka puding 11.air mineral.                        

4.pelanggan
pengunjung dapat melakukan transaksi pembelian setelah terdaftar sebagai pelanggan
- pelanggan melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang ada pada tabel pendaftaran,kemudian pelanggan akan tercatat sebagai member.
- pelanggan dapat melihat-lihat produk yang d tawarkan oleh toko-toko ukm yang ada di website.
- setelah pelanggan memilih produk , kemudian pelanggan dapat memilih tipe produk lebih detail (warna,ukuran,tipe,) barulah kemudian masuk kedalam shopping cart, setelah sudah "OKE" kemudian masuk ke halaman layanan pengiriman barang, untuk memilih pengiriman secara expres atau reguler/biasa.kemudian sistem akan memproses untuk memberikan konfirmasi pembelian dan pembayaran ke email pelanggan. apabila pembayaran sudah d proses , maka barang akan langsung dikirim.

ANALISA KEBUTUHAN SISTEM

kebutuhan sistem untuk admin toko
1.menyediakan form pendaftaran untuk ukm yang berminat menjadi admin tokonya sendiri, yang berisikan :
      -nama toko :
      -nama pemilik toko :
      -email :
      -alamat :
        negara :
        propinsi :
        kota :
        kode pos :
      -no telepon :
      -username :
      -password :
apabila sudah mendaftar ,  user melapor kepada admin sentral untuk konfirmasi password.
2. menyediakan templet untuk toko ukm (melakukan privatisasi)
3.memberikan laporan transaksi per hari , minggu, bulan, tahun.
4.memberikan layanan bagi toko yang ingin menampilkan barang-barang best seller nya atau mempromosikan barang yang ingin didiskon (syarat dan ketentuan berlaku).

Kebutuhan sistem untuk pelanggan
1. menyediakan form pendaftaran untuk pengunjung yang ingin menjadi member
   isi form sama seperti form pendaftaran untuk admin ukm
2. menyediakan layanan untuk comment
3. menyediakan layanan transaksi pembelian
4. memberikan informasi tentang produk-produk toko ukm
5. memberikan informasi tentang profil toko ukm

0 komentar:

Posting Komentar